Rakornas Parekraf 2022, Sandiaga Uno: Pariwisata Indonesia Naik Peringkat Tinggalkan Malaysia

BuddyKU
BuddyKU
Jumat, 19 Januari 2023
341 | IPKN
Rakornas Parekraf 2022, Sandiaga Uno: Pariwisata Indonesia Naik Peringkat Tinggalkan Malaysia

Pariwisata Indonesia secara perlahan mengalami peningkatan. Bahkan, data World Economic Forum (WEF) telah merilis laporan Travel & Tourism Development Index (TTDI) 2021, Indonesia naik 12 peringkat meninggalkan Malaysia.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) 2022.

Rakornas tersebut tersebut berlangsung pada 15 - 16 Desember 2022 dan digelar secara hibrid di Jakarta. Tahun ini, Rakornas Parekraf 2022 mengusung tema Transformasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang Inklusif dan Berkelanjutan.

Dalam Rakornas, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menjabarkan pencapaian selama 2022 terkait pariwisata di Indonesia. Dengan bangga dia mengungkapkan, Indonesia naik 12 peringkat berdasarkan data World Economic Forum (WEF) yang dirilis dari laporan Travel & Tourism Development Index (TTDI) 2021.

Meninggalkan Malaysia, Thailand, Vietnam dan Filipina untuk pertama kalinya dalam sejarah panjang kita, ujar Sandiaga Uno dalam pemaparannya di acara Rakornas Parekraf 2022 di Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Sandiaga mengatakan, dengan anggaran yang minim, dia membuktikan kalau pariwisata Indonesia bisa meningkat di kancah internasional. Janganlah bersedih, terus semangat. Walaupun anggaran kurang kita masih bisa beradaptasi, berinovasi, berkolaborasi, tuturnya.

Sandiaga menyebutkan lima pilar yang membuat prestasi pariwisata di Indonesia meningkat. Proritisasi dari tourism dan travel kebijakan kita berpusat pada destinasi super prioritas dan destinasi unggulan lainnya, kata Sandiaga Uno.

Selain itu, ada keindaahan alam yang terpromosikan dengan baik. World economic forum menilai pilar ini yang sudah dilakukan walaupun dengan keterbatasan. Tourism and travel demand juga secara presure dan impact, serta culture and resources. Kekuatan kita ada di nature dan culture bisa kita sandingkan, kata dia.

Kendati demikian, Sandiaga mengatakan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk mencapai pariwisata terbaik. Seperti infrastruktur, CHSE atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan), dan mendorong desa wisata.

Untuk meningkatkan hal itu, pihaknya menggagas Indeks Pembangunan Kepariwisataan Nasional (IPKN) demi mengejar target 30 besar. Kita akan menilai terutama tentang kebijakan kepariwisataannya agar terus ditingkatkan, kata Sandiaga Uno.

 

https://www.rctiplus.com/news/detail/travel/3199207/rakornas-parekraf-2022-sandiaga-uno-pariwisata-indonesia-naik-peringkat-tinggalkan-malaysia

Lihat Berita Lainnya

Sulsel Tembus 5 Besar IPKN 2022, Sandiaga Uno Puji Sudirman
Pedoman Media・20 Januari 2023
MAKASSAR, PEDOMANMEDIA Provinsi Sulawesi Selatan masuk dalam 5 besar peringkat Indeks Pembangunan Pariwisata Nasional (IPKN) Tahun 2022. Capaian ini didorong oleh kemajuan infrastruktur pariwisata. Hal...
340
IPKN Kemenparekraf: Aceh Masuk 5 Besar Sub-Indeks Travel and Tourism Demand Drivers
Hari Teguh Patria・20 Januari 2023
Provinsi Aceh masuk lima besar Indeks Pembangunan Kepariwisataan Nasional (IPKN) tahun 2022 pada kategori sub-indeks travel and tourism demand drivers (pendorong permintaan pariwisata dan perjalanan)...
474
IPKN Kemenparekraf: Aceh Masuk 5 Besar Sub-Indeks Travel and Tourism Demand Drivers
Aceh Trend・23 Januari 2023
Provinsi Aceh masuk lima besar Indeks Pembangunan Kepariwisataan Nasional (IPKN) tahun 2022 pada kategori sub-indeks travel and tourism demand drivers (pendorong permintaan pariwisata dan perjalanan)...
213
Curhat Sandiaga Uno di Rakornas Kemenparekraf 2024: Semakin Sukses, Semakin Dikurangi Anggarannya
Dinny Mutiah・20 Januari 2023
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melontarkan keluh-kesahnya saat menjadi pembicara di Rakornas Kemenparekraf 2022. Ia mengulas soal anggaran kementeriannya yang semakin kecil...
361