Solo berhasil masuk Jaringan Kota Kreatif UNESCO

Aris Wasita - Antara News
Aris Wasita - Antara News
Kamis, 01 November 2023
233 | TTDI
Solo berhasil masuk Jaringan Kota Kreatif UNESCO

Solo (ANTARA) - Kota Solo, Jawa Tengah berhasil masuk ke dalam Jaringan Kota Kreatif UNESCO untuk sektor kerajinan dan seni rakyat.

Iya, kemarin masuk ya. Solo untuk Craft and Folk Art (kerajinan dan seni rakyat), kata Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah, Rabu.

Terkait hal itu, ia mengucapkan terima kasih kepada setiap pihak yang sudah mendukung.

Ini pertama kalinya. Terima kasih teman-teman media atas dukungannya, katanya.  

Terkait hal itu, pihaknya akan menindaklanjuti dengan memperkuat berbagai acara yang berhubungan dengan kerajinan dan seni rakyat.

Sebelumnya, Solo sudah dua kali gagal masuk nominasi Jaringan Kota Kreatif UNESCO. Meski demikian, Gibran bertekad dapat masuk ke jaringan tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melibatkan konsultan profesional untuk pariwisata.

Sementara itu, sejak tahun lalu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berupaya menyiapkan Kota Solo untuk maju ke dalam Jaringan Kota Kreatif atau Creative Cities Network UNESCO.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan jika suatu daerah sudah masuk dalam Jaringan Kota Kreatif UNESCO maka ekosistem tersebut akan terus dipantau oleh UNESCO.

Tujuannya agar pelaku seni melestarikan seni pertunjukan, budaya, dan kegiatan kreatif yang diselenggarakan di daerah tersebut, katanya. 
 

Lihat Berita Lainnya

Sulsel Masuk 5 Besar Peringkat Indeks Pembangunan Kepariwisataan Kemenparekraf
Mitrapol.com・23 Januari 2023
Provinsi Sulawesi Selatan masuk dalam 5 besar peringkat Indeks Pembangunan Pariwisata Nasional (IPKN) Tahun 2022. Hal itu disampaikan langsung Menteri Pariwisata Sandiaga Uno dalam Rakornas...
347
Menparekraf luncurkan Indeks Pembangunan Kepariwisataan Nasional
Antara・05 Januari 2023
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meluncurkan Indeks Pembangunan Kepariwisataan Nasional (IPKN) dengan tujuan menumbuhkan kesadaran berbagai pihak tentang pentingnya pembangunan ekosistem pariwisata.
421
Sandiaga Uno luncurkan Indeks Pembangunan Kepariwisataan Nasional
Antara・20 Januari 2023
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meluncurkan Indeks Pembangunan Kepariwisataan Nasional (IPKN) dengan tujuan menumbuhkan kesadaran berbagai pihak tentang pentingnya...
745
Rakornas Parekraf 2022, Sandiaga Uno: Pariwisata Indonesia Naik Peringkat Tinggalkan Malaysia
Syifa Fauziah・19 Januari 2023
Pariwisata Indonesia secara perlahan mengalami peningkatan. Bahkan, data World Economic Forum (WEF) telah merilis laporan Travel & Tourism Development Index (TTDI) 2021, Indonesia naik 12...
477